Kegiatan KKN Tematik di Masa Pandemik Covid-19 2020
Oleh:
Yolanda
Febrianti
1703430
Pendidikan
Fisika/ Fakultas Pendidikan Matematika dan Ipa
Universitas
Pendidikan Indonesia
Penyebaran
pandemi Covid-19 hampir di seluruh bagian dunia membuat beberapa perubahan
disetiap sektor kehidupan, baik dari sektor ekonomi, sosial, maupun sektor pendidikan.
Penerapan physical distancing dan quarantine time membuat masyarakat
memiliki keterbatasan dalam melakukan aktivitas, tentu semua ini untuk kebaikan
bersama. Larangan untuk melakukan pembelajaran di sekolah membuat para penggiat
pendidikan memiliki terobosan untuk tetap melaksanakan proses belajar mengajar
sebaik mungkin secara online.
Universitas
Pendidikan Indonesia juga menjadi salah satu oknum penggiat pendidikan yang
mendukung pembelajaran online berlangsung dengan baik. Selain pembelajaran yang
dilakukan secara daring, Kuliah Kerja Nyata (KKN) juga dilaksanakan daring. UPI
sebagai universitas pendidikan menyonsong tema KKN Mewujudkan Merdeka Belajar
di tengah Covid-19. Tentu, pelaksanaan KKN daring ini memiliki banyak perbedaan
dari KKN biasa. Hal yang paling utama yaitu melaksanakan kegiatan dengan
memanfaatkan teknologi dan media sosial dan uniknya pelaksanaan KKN Tematik ini
dilakukan di wilayah masing-masing mahasiswa tinggal. Dengan demikian, UPI
menawarkan beberapa kategori kegiatan atau program yang dapat dilaksanakan oleh
mahasiswa.
Program-program
yang ditawarkan oleh UPI yaitu pendataan penduduk, edukasi bagi anak sekolah,
edukasi bagi masyarakat, membantu kegiatan yang dibutuhkan daerah masing-masing
mahasiswa, dan program khusus bagi mahasiswa yang tinggal di Bandung. Mahasiswa
diwajibkan melakukan program pendataan dengan bekerja sama dengan pihak desa,
rw, maupun rt, dan dibebaskan memilih dua program lainnya untuk dijalankan.
Program
KKN Tematik MMB Covid-19 ini saya realisasikan di Dusun Sibusuak, Jorong Koto
Gadang, Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Program
pertama
dan wajib dilakukan yaitu pendataan penduduk. Setelah berkoordinasi dengan
pihak kenagarian yang setara dengan desa, pendataan penduduk dilakukan
berdasarkan beberapa kategori sesuai dengan panduan yang telah disediakan pihak
LPPM UPI. Penduduk didata berdasarkan usia, tingkat pendidikan, pekerjaan, dan
status ekonomi. Selain itu, mengingat program ini dilaksanakan ditengan pandemi
Covid-19, pendataan juga dilakukan pada masyarakan yang masuk maupun keluar
dari Nagari Koto Tinggi. Pendataan juga mencakup kategori masyarkat yang
mengalami gejala Covid-19 ataupun yang meninggal, beruntungnya di Nagari Koto
Tinggi berstatus zona hijau dan tidak ada kasus Covid-19 yang terjadi.
Program
kedua yaitu edukasi bagi peserta didik. Program edukasi ini difokuskan pada
penguatan pembelajaran bagi peserta didik melalui guru. Dengan menjalin kerja
sama dengan salah seorang guru kelas 5 sekolah dasar negeri di Sumatera Barat,
proses penguatan pembelajaran berhasil dilaksanakan. Diawali dengan diskusi
mengenai kekurangan pembelajaran daring yang telah dilaksanakan oleh guru dan
kemudian bersama-sama merumuskan solusinya. Hasil dari diskusi dengan guru
yaitu penguatan pembelajaran bisa dilaksanakan dengan membuat media belajar
siswa yang menarik. Sehingga, pembuatan power point dengan materi Zat dan Iklan
dilaksanakan dan dibagikan kepada peserta didik.
Program
ketiga yang telah dilaksanakan yaitu edukasi bagi masyarakat. Program ini telah
terlaksana dengan bantuan media sosial sebagai sarana publikasi untuk
menjangkau tidak hanya masyarakat di Nagari Koto Tinggi namun juga masayrakat
luas. Edukasi ini berupa pembagian poster dan video yang telah dibuat dengan
tema Covid-19. Poster yang telah berhasil dipublikasi berjumlah 6 poster dengan
sub tema berbeda disetip posternya. Tema-tema tersebut yaitu “Idul Fitri di tengah
pandemi”, “Management Stress selama Pandemi”, “Melawan Covid Virus”, “Tips
Belajar dari Rumah”, “New normal”,
dan yang terakhir “Sikap dalam Menghadapi New
normal”. Sedangkan jumlah video yang dibuat adalah dua dengan judul “We
Fight Corona” dan “About Us. Video
pertama berisikan mengenai bagaimana kita bertahan melawan pandemi ini dan pada
video kedua berisikan rasa terimakasih untuk seluruh pihak yang berjuang selama
pandemi dan pesan untuk menghadapi new
normal.
Selama
menjalani program KKN ini dari tanggal 17 Mei 2020 sampai tanggal 07 Juni 2020,
mahaiswa UPI deberikan seorang dosen pembimbing lapangan untuk menjadi pemandu
dan tempat berkonsultasi selama kegiatan. Diskusi dan monitoring yang dilakukan
bersama dosen pembimbing sangat membantu keterlaksanaan program KKN ini dengan
baik. Setelah berakhirnya program yang dijalankan, pihak LPPM UPI dan dosen
pembimbing memberikan wadah untuk seluruh peserta KKN melakukan presentasi hasi
kegiatannya melalui webinar.
Kegiatan
KKN Tematik MMB Covid-19 UPI telah berhasil dilaksanakan dengan baik dan sesuai
panduan yang telah diberikan. Keterlaksanaan KKN ini semoga menjadi salah satu
acuan bagi oknum pendidikan lainnya untuk mengerti bahwa keterbatasan gerak
tidak menghambat kita untuk selalu berkreasi dan berjuang dalam belajra. Serta,
dengan kegiatan yang telah dilaksanakan dapat memberikan pengaruh positif baik
bagi peserta didik, masyarakat, maupun penulis. Semoga pandemi ini cepat
berlalu dan bumi kita kembali sehat!
Komentar
Posting Komentar